ASYIKNYA KEHIDUPAN MAHASISWA

Banyak hasil penelitian mengatakan bahwa kehidupan mahasiswa yang kuliah di Yogyakarta sangat memprihatinkan, mulai dari pergaulan bebas sampai pada free sex, sampai ada penelitian yang mengatakan bahwa banyak tempat kos di Yogya yang bebas. Banyak penelitian juga mengatakan bahwa kebanyakan mahasiswi sudah tak perawan lagi!! begitu ngerinya sampai-sampai ketika saya sedang mempromosikan kampus saya di luar kota, banyak yang menanyakan tentang hal tersebut. Mereka menanyakan, apakah benar seperti itu???

Okay…saya kira cukup all about negatif statements of Yogyakarta Students!

Hmmm, perlu diperhatikan.. Bagi saya kuliah di kota manapun, pergaulan bebas ya pergaulan bebas..tinggal bagaimana kita sebagai mahasiswa menyikapi hal tersebut. Norma-norma yang diajarkan oleh orang tua kita dari kecil hingga dewasa juga sangat memegang peranan penting. Bagaimana kita dalam bersikap? menciptakan sesuatu yang negatif or positif?

Selain sisi negatif, banyak sisi positif yang dapat kita peroleh maupun kita ciptakan selama kuliah di Yogyakarta. Apakah itu??

Kegiatan HPMK

  1. Sebagai mahasiswa yang aktif, kita jangan hanya mengikuti kegiatan pembelajaran selama kuliah di kampus, kita juga perlu berorganisasi baik itu Organisasi yang ada di kampus (Aku : BPM FE 2009) atau organisasi daerah kita (kalau aku aktif di organisasi HPMK Yogyakarta)
  2. Kuliah Di Yogyakarta merupakan suatu pilihan yang tepat terutama bagi mereka yang berasal dari luar pulau Jawa (My Opini lho). Jalanan yang rindang (tak sumpek), biaya hidup yang murah (mulai dari the price of Kos/Kontrak, Makanan & Minuman, biaya Taxi, becak, sampai sayur-sayuran di pasar), Hidup bersahaja dan tidak mewah banget, Asyiknya Wisata Budaya Jogja baik di Jogja maupun Luar Jogja), kehidupan belajar sangat terasa (kota pelajar gitu lho) hingga kegiatan persekutuan.
  3. Banyaknya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) menarik yang tersedia di kampus sesuai kemauan dan hobi kita masing-masing (kalo Aku dulu ikut Duta Voice)
  4. Sambil kuliah, kita bisa kerja PART TIME di UNIT-UNIT Kampus (kalo aku, volunteer HUMAS ADMISI UKDW^^)kita bisa dapatkan pengetahuan tentang dunia kerja and penghasilan (tambahan uang saku ^^)
  5. Mendaftarkan diri untuk mendapatkan begitu banyak tawaran BEASISWA yang tersedia di kampus baik yang berprestasi maupun tidak.
  6. Jika nilai kita mencukupi dan kita menguasai mata kuliah tersebut, kita dapat mengembangkan diri denga menjadi Asisten Dosen– ASDOS (kalau aku dulu ASDOS PAK ^^) Hitung-hitung, kita bagi ilmu dengan adik-adik kelas.

    UKM DUTA VOICE - Pesparawi 2008

  7. JIka berminat, kita bisa medaftarkan diri untuk ikut kepanitiaan dalam suatu event atau acara kampus (kalau aku banyak sih. hehe) Hal tersebut akan meningkatkan softskill kita dalam kerja tim dan bersosialisasi.
  8. Atau buat kalian yang suka menulis artikel bisa bergabung dengan Jurnalistik Kampus, (kalau aku, sering masukin artikel sih.hohoho)
  9. Atau bisa juga mengikuti seleksi untuk menjadi Model kampus (i’m 2009 – Model kampus).
  10. Atau ikut ambil bagian dalam kegiataan lembaga kemanusiaan di Yogyakarta.
Banyak kegiatan-kegiatan positif yang membuahkan pikiran positif jika kita pandai mengatur diri kita. Hal manajemen Waktu juga perlu diperhatikan, pemabgian waktu antara kuliah dan kegiatan harus imbang dua2nya. jangan sampai kita asyik dengan kegiataan di luar kuliah sampai-sampai lupa dengan kuliah kita sendiri, akhirnya kita bisa lama deh masa studinya..alias jadi mahasiswa abadi.

HPMK Cari dana & Rapat ^^

Di kampusku, jika kita mengikuti dan aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler yang ada di kampus, kita akan mendapatkan point-point (untuk wisuda juga ada minimal point yang harus kita miliki, sedangkan untuk yang pointnya dah kebanyakan bisa mengajukan beasiswa keaktifan dengan memperlihatkan sertifikat atau piagam penghargaan).

Selama kuliah dan menjadi mahasiswa aktif, saya banyak mendapatkan teman dari berbagai program studi dan tingkat, juga daerah. Di Kampus, saya bertemu dengan mahasiswa dari Ujung Sumatera sampai Ujung Papua. Hal ini sangat menyenangkan. Kita dapat belajar banyak hal tentang budaya dan tingkah laku dari teman-teman. Ada banyak komunitas daerah di kampus saya seperti :  Himpunan Pemuda Mahasiswa Kawanua (HPMK), IMBADA – BATAK, FORMAPA – PAPUA, Kalimantan, Ambon, Kupang dan berbagaai daerah lainnya.
Selain itu, banyak kenangan yang akan saya peroleh (apalagi sebentar lagi diriku akan meninggalkan kota Jogja – sudah mau selesai lho..)
Bagi teman-teman yang narsis and suka jalan-jalan, nah.. di Yogya kita punya banyak pilihan untuk jalan-jalan dan mengabadikan kegiatan tersebut ke dalam sebuah dokumentasi^^
ASYIK KANNN??? so.. DONT  THINKING NEGATIVE! JUST THINKING ABOUT POSITIVE & HAVE FUN^^

ECOCAMP at Sinolewah

Comments
  1. people says:

    kakak, kuliahnya dimana ya?

  2. Fahmi says:

    haloo kak,
    kalau mahasiswa-mahasiswanya gimna kak?apakah seramah kotanya sendiri?

    • LiviaNindy says:

      halo Fahmi, sebelumnya slm kenal yaa.. kalau mahasiswa2nya ramah-ramah karna kan kita berasal dari sabang sampai merauke. kehidupan perkuliahan juga sangat mendukung, selain biaya hidup yang murah.. baik dari segi tempat tinggal, makan, aktifitas perkuliahan hingga parttime job.. yang pasti kita bisa membawa diri dalam pergaulan. tinggal bgm kita beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s